Designated Survivor : Being President of the United States

Belakangan ini gue suka nonton Designated Survivor di Netflix.

Ceritanya tentang Amerika Serikat yang kehilangan Presiden plus seluruh kabinet dan kongres karena gedung Capitol-nya di bom teroris (tapi belum ada yang ngaku bertanggung jawab).

Nah, dalam sejarahnya, Presiden-presiden di Amerika itu punya tokoh-tokoh "cadangan" kalau ada sesuatu terjadi pada mereka (dan wakil presiden tentu saja). Para “presiden dan kongres cadangan” ini masuk ke dalam program yang disebut Designated Survivor. Tujuannya agar tidak terjadi status quo yang berakibat chaos pada negara.

Orang yang ketiban untung (atau sial), terpaksa jadi Presiden adalah Tom Kirk (Kiefer Sutherland), mantan menteri Perumahan di kabinet yang berjalan. 

Sepanjang cerita kita disuguhkan bagaimana rumit Kirk berjibaku dengan politik di sekitarnya, sekaligus harus berhadapan langsung dengan berbagai pilihan. Termasuk apakah akan melakukan serangan pada sebuah negara. Nyawanya pun terancam sebagai sasaran teroris.

Yang tidak suka pada "keberuntungan" Kirk, cukup banyak. Dari anggota kongres, Jendral, sampai Gubernur. Mampu nggak Kirk menyatukan semua pihak dalam kondisi krisis ini dan mencegah terjadinya disintegrasi? Siapa pelaku pengeboman yang sesungguhnya?

Di sisi lain, seorang detektif FBI perempuan, Hannah Wells (Maggie Q), menyelidiki kemungkinan bahwa ada pengkhianat di dalam Gedung Putih. Besar kemungkinan adalah otak terjadinya serangan yang menewaskan pemimpin negara Amerika Serikat.

Nonton film ini rasanya gue nggak dikasih nafas untuk istirahat. seperti dikejar-kejar. Bukan cuma sama the bad guy yang belum ketahuan, melainkan sama banyaknya deadline dan masalah politis yang menuntut diselesaikan. 

Jadi Presiden Amerika Serikat tanpa pemilu, musuhnya banyak. Siapa yang nggak mau jadi pemegang kekuasaan tertinggi di sebuah negara adidaya?

Yang gue suka film ini menarik tanpa menampilkan adegan ranjang. Banyak pengetahuan baru yang gue dapat menyaksikan bagaimana liku-liku kehidupan seorang Presiden AS. Ngeliatnya saja capek, deh. Padat sekali jadwalnya! 

Gue juga belajar tentang Undang-undang di Amerika, banyak di-mention pasalnya di film ini. Termasuk yang berhubungan dengan sejarah. Serta bagaimana melakukan diplomasi dan berpolitik tanpa pertumpahan darah. Walau pada akhirnya tetap ada serangan militer. ya. 😏

Rekomen banget pokoknya film ini.  Gue juga masih cicil nonton sedikit-sedikit supaya nggak cepat selesai. Saking menikmatinya 😀 

Seri ini sayangnya berakhir di season 3. Namun bagi penggemar thriller serupa dan sekaligus penyuka drakor, ada Designated Survivor : 60 Days, cerita yang berlandaskan seri versi Amerikanya. Di bintangi oleh Ji Jin-hee.  Mungkin kalau nemu gue juga akan nonton. Denger-denger ceritanya jauh lebih realistis.

Catatan tambahan : gue udah nonton yang versi Korea, banyak mirip di sana-sini. Overall gue lebih suka yang versi original, karena lebih banyak actionnya. Itu saja, ya.

Kalian sudah nonton belum?

6 comments:

  1. Uwaaaaaah langsung aku masukin ke list drakor dan film yg mau aku tonton mbaa :D. Kayaknya aku tonton 2-2 nya sih, yg versi Korea dan versi Amerikanya :D. Pasti sama seru. Tapi makin lamaaa ini aku nyeleseein list dramaku 🤣🤣🤣.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Satu-satu dulu nontonnya kak Fanny, nonton satu versi saja sudah seperti dikejar-kejar 😆

      Delete
  2. Aku belum nonton dan jadi berminat buat nonton karena yang main ada Kiefer Sutherlan. Hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penggemar Kiefer Sutherland, ya kak 😀 Aktingnya bagus banget.

      Delete
    2. Nggak sih. Dulu aku ngikutin dia di serial 24. Bagus juga tuh serialnya.

      Delete
    3. Ohya 24 bagus dia menang penghargaan kan disana ya

      Delete