Post-Apocalyptic Movies : The Good and The Bad



Gue baca-baca lagi pos lama dan mengingat daftar film yang ditonton, ternyata tema post-apocalyptic lumayan banyak juga dilihat.

Habis seru saja nontonnya. Tidak memberikan waktu sekejap saja untuk tertidur 😂 Kecuali kalau nontonnya midnight - mungkin, ya? Banyak juga yang bilang, "Enggak banget, deh nonton film tema begitu". Ada penelitian menggelitik, lho. Konon orang yang suka nonton film-film bertema demikian, punya kesiapan yang cukup tinggi menghadapi pandemi.

Mungkin ada benarnya...sedikit. Ketika pandemi pertama kali resmi merebak, di antara semua orang yang ada di sekitar, gue yang paling well-prepared duluan. Nggak sampai nge-stock makanan atau masker. Namun lumayan siaplah, sementara kiri dan kanan langsung panik antri di supermarket. 

Jadi ingat, itu karena gue dulu pernah nonton film Contagious, film yang entah karena apa malas gue tonton ulang. Karena topiknya terlalu mengerikan dan riil. Siapa nyana, tahun 2020 terjadi hal seperti di film itu, sampai shock gue, ya ampun mirip banget kecuali di bagian mematikannya. Lebih seram di film tipe virusnya.



Menonton film bencana alam dan post-apocalyptic juga membuat kita mengamati secara tidak langsung, bagaimana reaksi tokoh utama,  berikut orang di sekitarnya pada saat kejadian. Karena biasanya bikin film pakai riset dan untuk sci-fi ada konsultan tersendiri, seperti kita masuk ruang kuliah dan belajar how-to-do, how-to-act, jika hal serupa terjadi.

Ini bukan berarti harus nonton film sejenis. Kalau nggak suka, nggak usah dipaksakan, ya.  Daripada ujung-ujungnya jadi depresi. Film tema post-apocalyptic tidak bagus bagi anak kecil serta orang dewasa yang apa-apa jadi kepikiran atau yang dunianya masih full of candies, chocolates, and rainbows...

Bukan berarti gue nggak doyan genre lain, ada tapi memang belum dibahas saja. Akhir-akhir ini yang bagus-bagus menurut gue masih tema post-apocalyptic. Sisanya film-film detektif. Drama percintaan masih monoton formulanya, belum ada yang baru. 

Menurut gue, lho.

Pernah nonton film post-apocalyptic? Apa judul yang disuka?

Gambar diambil dari pixabay


2 comments:

  1. Kalau film bergenre post-apocalyptic kayaknya aku belum pernah nonton deh. Kalo game mungkin pernah mainin genre ini. Nggak tau Resident Evil termasuk dalam genre ini atau enggak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi kak. Kalau Resident Evil seingatku outbreaknya hanya setempat ya tidak mengglobal. Jadi mungkin belum sampai post-apocalyptic, lebih masuk ke horror. 😀 Sebetulnya genre itu banyak cuma kita suka nggak sadar...

      Delete