Gue masih belum lupa kalau mau cerita tentang Gundam lagi disini. Owkay.πŸ˜€ Karena main timeline-nya mundur, setelah bahas Gundam Hathaway mari kita bahas Char's Counterattack (CCA).

Bagi pemirsah yang memang bingung mana seri UC Gundam yang harus ditonton sebelum Hathaway, menurut gue CCA prioritasnya. Kalau yang lain bisa disusulkan.

Cerita Mobile Suit Gundam : Char's Counterattack

Di pembukaan CCA, dikenalkan bahwa saat itu adalah UC 0093. Earth Federation (EF) sedang menghadapi ancaman dari gerakan Neo Zeon yang dipimpin oleh pemimpin kharismatik Char Aznable (memang gantenk, woy). Neo Zeon dianggap mewakili suara warga koloni-koloni luar angkasa yang sudah eneg sama perilaku orang-orang EF.


Nah, Char punya idealisme yang rada kelewatan. Bahwa jiwa manusia di bumi sudah korup  karena gravitasi. Untuk mengatasi masalah perilaku, pencemaran, perang, dan lain-lain, pemecahannya cuma satu : bikin manusia nggak menghuni bumi lagi. Alias gimana supaya mereka semua terpaksa berimigrasi ke angkasa. 

Cara yang sudah kadung populer dalam sejarah UC adalah...meluncurkan benda raksasa ke bumi, sehingga menimbulkan ledakan nuklir dan perubahan iklim. Dahulu Zeon lama sukses melakukannya, yaitu dengan menjatuhkan koloni raksasa yang tidak terpakai. Namun karena kondisi (mungkin juga supaya lebih hemat), Char menggunakan asteroid buatan yang bentuknya lumayan gede, salah satunya bernama Axis.

Yang bisa menghentikan Char hanya seorang dari masa lalu : musuh bebuyutan di perang One Year War, yang pernah jadi rekan juga : pilot Gundam, Amuro Rei.


Warning tulisan di bawah ini mengandung SPOILER. Silahkan skip ke Review bila tidak ingin baca.

Amuro Rei dari Earth Federation Force (EFF), memang menentang habis-habisan ide Char. Seperti di seri pertama (Gundam 0079), Amuro akan kembali all out menghadapi si mas-mas blonde.  Plus, mereka memang punya "sejarah gelap" di masa lalu, tema nggak selesai-selesai sampai akhir jaman. Apalagi  kalau bukan soal cewek.😐 Ya, seorang gadis, yang dekat dengan keduanya, bernama Lalah Sun,  tewas saat mencegah mereka berdua saling membunuh.


Spirit Lalah seringkali hadir membayang-bayangi Amuro, soul mate Newtype-nya di dunia. Kehilangan ini juga menimbulkan dendam sangat kuat dari sisi Char.

Di masa sekarang, baik Char maupun Amuro, disegani oleh kedua belah pihak bersiteru. Paling cuma beda jabatan saja. Char sudah jadi leader besar, Amuro meski hanya pilot Mobile Suit, termasuk veteran. Kekurangan Amuro di sisi kharisma dan leadership, tertutupi oleh kemampuan laten Newtype-nya sebagai pilot Gundam. Ia sangat ditakuti kawan maupun lawan, yang masih terbayang oleh julukan "White Devil" di One Year War.

Untuk menghadapi Char dan Neo Zeon-nya, Amuro dari pihak EF, kembali bertempur bersama mantan kapten, teman, sekutu, sekaligus seniornya, Bright Noa, yang kini jadi komandan di kapal Ra Cailium.


Mobile suit pamungkas Amuro di seri CCA adalah RX-93-v Gundam (Nu Gundam, bukan Nu Tea, ya gaes). Daya hancurnya cukup monster. Klop melawan mobile suit-nya canggih Char (yang lagi-lagi berwarna merraaah menyala) : Sazabi.  

FYI, gontok-gontokan antar mobile suit di UC 0093, sudah bukan level pakai beam saber atau bazooka nuklir saja, genks, tapi sudah pakai teknologi psycommu dan psychoframe yang memungkinkan para pilot Newtype (evolusi manusia luar angkasa baru), menggunakan kekuatan konsentrasi pikirannya menggerakkan senjata bernama funnels

Pengembang pertama teknologi ini sebetulnya adalah pihak Neo Zeon. Amuro banyak bekerja sama dengan pacarnya, seorang mekanik dari Anaheim, Chen Agi. Mereka berdua, bersama teknisi lain, mencari cara mengoptimalkan teknologi psychoframe dalam  Nu Gundam.


Di movie ini kita juga diperkenalkan pada tokoh bocah, yang bakal jadi leadar di masa depan, Hathaway Noa. Disini jangan harap dia sudah jagoan. Masih anak baru gede soalnya. Ia dikirim oleh ibunya, Mirai Noa, ke luar angkasa untuk bergabung dengan ayahnya, Bright Noa, yang bertugas di kapal angkasa Ra Cailium. Di tengah jalan, Hathaway malah kena cinta monyet dengan seorang anak cewek seusianya, Quess Paraya. 

Sayang, walaupun manis dan seorang Newtype alami, Quess ini sebetulnya tipe-tipe spoiled brat. Terlahir sebagai anak politisi Bumi kaya, Adenaur Paraya. Quess yang berdarah panas sempat memberontak dari kekangan ayahnya, pergi bergaul dengan kaum hippies dan banyak disusupi idealisme tentang manusia masa depan. Hal itu terjadi sebelum dia akhirnya ditemukan, dipaksa untuk ikut keluar angkasa, dan berjumpa Hathaway.

 

Quess awalnya masih ada di pihak Bright, Hathaway, Amuro, dkk. Tapi ia bertemu, lalu terpesona oleh kharisma Char. Char mengendus calon prajurit (dan pemuja) yang potensial. Tidak menyia-nyiakan bakat Quess, sang leader Neo Zeon langsung menjadikannya test pilot MS Alpha Aziel di bawah pengawasan kekasihnya, Nanai Miguel dari Newtype Lab. 

Terbukti sudah perpaduan yang fatal : masa remaja, kemampuan Newtype, terus nanti di-enhanced pula. Mesin perang yang sangat emosional dan labil. Amuro sampai memperingati Hathaway, bahwa anak itu berbahaya. 

Psychoframe sendiri, sebagai teknologi baru yang masih perlu pengembangan, banyak disinggung di movie ini. Di luar dugaan, prototype dalam ukuran kecil saja, ternyata memiliki kekuatan magis yang  besar, apalagi setelah berpadu dengan kemampuan Newtypes manusia. 

At the end, bagaimana ending keruwetan perseteruan antara Char dan Amuro? Apakah Axis berhasil dijatuhkan ke bumi? Apa peran psychoframe disini?


Review Mobile Suit Gundam : Char's Counterattack

Karena pakai metode bercerita timeline mundur,  gue ragu apakah mau bahas movie ini atau Gundam Narrative dulu. Tapi akhirnya diputuskan CCA lebih relevan dibanding Narrative, yang merupakan side story. 

Walaupun merupakan seri lama, animasi di CCA termasuk OK. Setidaknya dibandingkan pionirnya, Mobile Suit Gundam 0079, yang benar-benar jadul. Jadi besar kemungikinan kalian masih bisa betah bertahan mengikuti. 

Sutradara berikut penulis skrip CCA adalah Yoshiyuki Tomino (kreator seri Gundam UC sendiri). Gue sudah familiar dengan alur cerita beliau yang serba cepat. Semua tokoh dalam film Tomino jarang kelihatan santai, ada saja yang dikerjakan. Nggak ada satu frame-pun yang sia-sia. Kita meleng sedikit, bisa hilang potongan informasi penting. Kehebatan Tomino, menurut gue, bagaimana membuat sekian banyak tokoh walaupun tampil sebentar, jadi sangat berkarakter. Ia ahli menyelipkan pengembangan kecil masing-masing pemeran, dalam adegan yang terbatas waktunya.

Untuk soundtrack CCA, dibesut oleh Shigeaki Saegusa dan menurut gue adalah one of the best di dunia UC Gundam. Memorable banget mewakili setiap adegan. Mungkin tanpa orchestra yang megah seperti ini,  menikmati cerita CCA akan jauh berbeda. 


Versi novel CCA sendiri sebetulnya berjudul Beltorchika's Children (ada versi-nya juga). Disini nggak ada tokoh Chen Agi. Adanya pacar lama Amuro Beltorchika Irma, yang sedang hamil anak mereka. Namun karena para petinggi animasi di Sunrise menganggap "Amuro yang menikah dan punya anak" tidak akan menarik bagi fans, maka tokoh Beltorchika dihapus dan diganti cewek baru, Chen Agi. 


Perbedaan lain dengan versi novel adalah siapa yang akan menentukan nasib Quess Paraya. Ya, walau endingnya tetap akan sama, tapi gue nggak akan spoiler disini! 

Netflix sendiri menayangkan Char's Counterattack bersamaan dengan seri Mobile Suit Gundam 0079. Mungkin untuk "perkenalan" bagi seri UC terbaru yang akan muncul di masa depan. Menurut gue pilihannya cukup tepat, ketimbang nekad menayangkan seri lain macam Zeta Gundam, Double Zeta, F91, 0083, atau Victory Gundam. Karena jalan cerita seri 0079 dengan CCA dan Hathaway masih sangat nyambung.

So, bagi kalian yang sudah (atau belum) menikmati cerita Gundam ter-gress, Mobile Suit Gundam Hathaway The Movie, nggak ada salahnya menonton juga movie cikal bakalnya ini. Paling enggak, saat ada kilas balik atau cameo-cameo kecil,  bisa paham latar belakang ceritanya dulu bagaimana. πŸ˜„

Kalian sudah pernah tahu cerita Gundam sebelumnya?

0 Comments