Gue ingin memberi masukan gimana enaknya nonton seri Gundam alam Universal Century/UC Gundam/Gundam orisinil. Versi gue, yang anti bosan, tentunya. 

First of all, jangan nekad nonton UC Gundam dari judul jadul-jadul!!

Suer. Bakal ngantuk, gaes!  

Kalau gue jadi kalian, bakal pilih nonton dari yang animasinya bagus-bagus dan ceritanya masih relevan dulu.  Kemudian gue akan menghindari dari cerita-cerita yang bisa di skip, salah satunya side story agar lebih fokus ke jalan kisah utama. Karena itu yang berperan besar pada perubahan di dunia UC.

Yang Sebaiknya Ditonton Lebih Dahulu :


Yang gue pilih di bawah ini adalah seri-seri terbaik UC Gundam. 

Gue menyebutnya Bright Noa-Amuro Rei-Char Aznable Arc. Sebab keterlibatan trio tokoh utama seri Gundam itu besar (dengan perkecualian di Mobile Suit Gundam Hathaway). 

Double Zeta tidak gue masukin karena menurut gue seri itu bukan big hit dan bisa di skip.


1. Mobile Suit Gundam Hathaway ( Movie)

UC 0105. Cerita Gundam dengan tokoh utama Hathaway Noa, seorang pemberontak/teroris yang melawan dominasi pemerintahan korup Earth Federation. Hathaway dengan kelompoknya menyerang tempat-tempat strategis yang dimilki oleh pihak Earth Federation. Gundam yang tampil di movie ini adalah Gundam Xi dan Gundam Penelope

Rilis Tahun : 2020


2. Mobile Suit Gundam : Char's Counterattack ( Movie)

UC 0093. Bercerita tentang perlawanan pihak koloni dan Neo Zeon. Pemimpinnya adalah  Char Aznable. Dia hendak menjatuhkan asteroid ke Bumi agar semua penduduk berimigrasi. Pihak lawan yang mencegah hal itu terjadi adalah Earth Federation, dengan tokoh pilot veteran yang mengendarai Nu Gundam : Amuro Rei.

Rilis Tahun : 1988

3. Mobile Suit Suit Zeta Gundam (Movie/TV Series)

UC 0087. Pembentukan kelompok elit Titan dari Earth Federation, yang bertujuan menghabisi sisa-sisa kelompok Zeon, menghasilkan genocide besar-besaran di berbagai koloni. Seorang pelajar, Kamille Bidan (Camille Vidan) bergabung dengan pihak pemberontak Anti-Earth Union Group (AEUG). Ia kemudian menjadi pilot utama Gundam Zeta.  Di AEUG, mereka yang di masa One Year War saling baku hantam kini bersatu, yaitu :. Bright Noa, Quatro Bajeena (samaran dari Char Aznable), Amuro Rei, dll. 

Catatan : ada perbedaan di ending Zeta Gundam The Movie dan TV Series. Versi TV series jauh lebih populer dan memorable, namun memang panjang. Guerekomen kalian nonton versi Movie dulu,  setelah itu tengok TV Series. Tapi kalau memang penasaran, langsung saja gas versi TV Series, ya.

Rilis tahun : 1985-1986 (TV Series), 2005-2006 (Movie)

4. Mobile Suit Gundam The Origin (OVA)

UC 0068-0079. Terjadi jauh sebelum meletusnya One Year War di timeline UC. Menceritakan bagaimana ambisi keluarga Zabi untuk mengekalkan kekuasaan dan kekuatan di pihak Koloni. Termasuk menyingkirkan rivalnya  Zeon Zum Daikun pencetus ide kemerdekaan Koloni dari pihak Bumi. 

Kedua anak Daikun,  Casval dan Artesia, terpaksa menjalani masa kecil yang berat dan tragis. Casval berjuang untuk keluar dari lumpur, dengan berbagai cara, hingga akhirnya meraih posisi straregis pilot elit di pasukan Zeon. Ia menggunakan nama samaran Char Aznable. Di tempat lain Amuro Rei muda mencurigai keterlibatan EF di koloni netral untuk membuat proyek rahasia.

Rilis Tahun : 2015-2018

5. Mobile Suit Gundam 0079 (Movie)

UC 0079. Terjadi konflik antara pihak Earth Federation dan Zeon karena Zeon dan pihak koloni ingin sepenuhnya merdeka dari pihak EF. Membuktikan ancaman, Duchy of Zeon dibawah kepemimpinan keluarga Zabi, menjatuhkan koloni raksasa ke Bumi yang menewaskan jutaan manusia. Para petinggi Zeon yang berperan disini adalah keluarga Zabi. Dimulailah pertempuran panjang antara pihak Bumi dan Koloni.

Senjata rahasia pihak Earth Federation Force (EFF), yaitu Gundam RX-78, dengan pilot muda Amuro Rei, akan berhadapan dengan prajurit Zeon terbaik, Char Aznable. 

Catatan : Kenapa gue taruh seri paling pertama di akhir? Karena animasinya jadul, meskipun ceritanya terbaik. Bila kalian sudah sampai titik sini, gue asumsikan sudah sanggup "bertahan" nonton, bagaimanapun bentuk animasinya, sebab sudah kadung suka banget sama dunia UC Gundam! πŸ˜‚

Rilis Tahun : 1981-1982

Alternatif urutan lain, bagi yang ingin nonton dari tahun UC paling awal :

  1. Mobile Suit Gundam The Origin (OVA)
  2. Mobile Suit Gundam 0079 (Movie)
  3. Mobile Suit Zeta Gundam (Movie/TV Series)
  4. Mobile Suit Gundam Char's Counterattack
  5. Mobile Suit Gundam Hathaway

🎬🎬🎬🎬🎬

Sudah selesai menonton semua judul diatas? Selamat, kalian sudah mengerti garis besar cerita dari sudut pandang para tokoh besar  Amuro Rei, Char Aznable dan Bright Noa, yang berperan penting membawa jalan cerita di dunia Universal Century Gundam. 

Setelah itu, bisa lanjut ke cerita-cerita yang masih di garis timeline tapi menurut gue bisa di skip kalau nggak tertarik terjun terlalu dalam di dunia saga ini.  Tunggu di postingan selanjutnya ya.πŸ˜€

Gambar : Gundam series Sunrise, pixabay

0 Comments